Beberapa Komponen Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Motor Balap
Motor Balap tentu saja berbeda dengan motor-motor biasa, sebab motor balap digunakan untuk road race atau balap motor, selain road race juga ada balap motor jenis lain yang sering diadakan ibarat motocross, drag bike, gasstrack dan superport.
Banyak sekali jenis olahraga yang menggunakan sarana motor balap, dan FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) yakni tubuh yang berfungsi menaungi aneka macam jenis aktivitas olahraga motor. Karena banyaknya tedapat jenis, macam dan bentuk motor maka terdapat aneka macam macam pula jenis kejuaraan dan perlombaan balap motor, yaitu :
- Road Racing
- Circuit Racing
- Classic Racing
- Supermoto
- Speedway
- Ketahanan Motor (Enduro)
- Trial Motor
- Drag Race
- Hill Climb
- Land Speed
![]() |
Sumber : Tribunnews.com |
Namun, apapun jenis kejuaraan atau perlombaan balap motornya, faktor utama yang paling penting yang perlu dipersiapkan yakni pembalap dan motornya, kalau fisik dan mental si pembalap sudah siap maka kita hanya perlu mempersiapkan motor yang digunakan untuk balapan. Untuk melakuakan suatu kejuaraan race, motor harus dalam kondisi yang sangat baik dan itu bukanlah sebuah kasus mudah, perlu ketelitian dan kecekatan sang mekanik untuk sanggup menyebabkan kemampuan motor mumpuni semoga sanggup mengikuti kejuaraan balap motor.
Selain kasus mesin tentu saja ada hal lain ibarat suku cadang dan komponen wajib lain yang perlu diperhatikan pada motor balap, komponen-komponen tersebut tentunya mempunyai fungsi dan pera penting pada motor balap yang akan digunakan. Berikut beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan untuk motor balap yang perlu kita ketahui :
1. Suspensi
Suspensi menjadi pecahan penting untuk motor, tak terkecuali untuk motor balap. Settingan suspensi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan, dan settingan tentunya harus diubahsuaikan dengan kondisi trek dan huruf pebalap. Settingan tahap utama yakni tekanan angin pada ban, sebab walau bagaimanapun seeting suspensinya kalau tekanan angin pada ban tidak benar semuanya akan sia-sia.
Selain menyesuaikan dengan berat tubuh pebalabnya juga perlu menyesuaikan dengan merek ban yang dipakai, sebab setiap pabrik mempunyai ukurannya masing-masing. Kaprikornus sesuaikan dengan intruksi ban sesuai dengan catatan pabrikan dan per sesuai dengan dengan tabel berat tubuh masing-masing pebalap.
Setting suspensi ini juga akan besar lengan berkuasa terhadap boros atau tidaknya ban ketika digunakan untuk balapan, dengan setting suspensi yang benar maka akan menhemat penggunaan ban ketika balapan.
2. Ban
Penggunaan ban untuk balap biasanya diubahsuaikan dengan kondisi sirkuit, trek sampai cuaca ketika balapan, Setiap pabrikan biasanya mempunyai beberapa tipe ban. Berdasarkan tipenya, ban dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu : tipe basah, tipe kering, dan menengah. Jika lintasan kering maka yang digunakan yakni ban kering, namun kalau lintasan lembap maka yang digunakan yakni ban basah.
Tipe-tipe ban ini juga terdiri dari beberapa kompon, yaitu ada kompon keras, sedang dan lunak. Kaprikornus contohnya ban tipe kering dibedakan lagi menjadi ban kering-keras, kering-sedang, kering-lunak. Semakin lunak ban akan semakin menggigit tapi juga lebih cepat aus.
3. Rem
Tentu saja rem menjadi pecahan yang tak kalah pentingnya dibandingkan komponen lain untuk motor balap, sebab rem mempunyai fungsi yang vital untuk motor biasa maupun motor balap. Untuk pebalap yang menggunakan motor balap biasanya melaksanakan perlambatan dari kecepatan tinggi dalam waktu singkat ketika hendak memasuki sebuah tikungan sirkuit dalam hitungan detik.
Tentu saja komponen rem yang digunakan untuk motor balap dan motor biasa sangat berbeda semoga sanggup menahan laju motor. Contohnya saja komponen pada MotoGP yang menggunakan piringan cakram karbon yang memungkinkan penurunan berat motor secara keseluruhan secara signifikan.
Kampas rem yang digunakan juga menggunakan materi dasar karbon sebab karakteristik utama yang digunakan oleh MotoGP harus bisa menahan tabrakan tinggi dan temperatur yang tinggi pula.
Itu ia beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan untuk motor balap yang perlu kita ketahui, yang terperinci mau berkendara biasa atau road race kita harus cek kondisi motor secara keseluruhan dan menggunakan pengaman yang dianjurkan untuk berkendara ataupun untuk balap motor, jangan abaikan keselamatan kita dan orang lain ya 😊 Safe Ride!
Sumber https://www.shovya.com/
Comments
Post a Comment